Pernahkah sobat mendapati masalah mobil tidak dipakai seminggu aki tekor? Jika iya maka beruntunglah, karena pada artikel ini akan dibahas terkait masalah tersebut.
Sebenarnya ini adalah masalah yang umum terjadi ketika mobil jarang digunakan berkendara. Namun bukan berarti sobat hanya membiarkannya begitu saja. Masih ada upaya yang bisa dilakukan agar mengantisipasi masalah aki tekor tidak terjadi.
Kalau selama ini sobat berpikir bahwa membiarkan mobil tetap di rumah dan jarang digunakan akan membuat mobil tetap awet, itu salah besar.
Faktanya, membiarkan mobil tetap berhenti dan jarang dipakai akan menimbulkan berbagai masalah pada mobil. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.
Mobil Tidak Dipakai Seminggu Aki Tekor
Mobil yang tidak dipakai dalam kurun waktu satu minggu bisa memicu timbulnya kerusakan atau bahkan tidak berfungsi sama sekali pada beberapa komponen.
Termasuk pada komponen kelistrikannya seperti aki mobil yang menjadi sumber utama aliran listrik. Dampak yang sering muncul adalah mobil susah dinyalakan akibat akinya tekor.
Pasalnya, ketika mobil jarang dinyalakan dalam kurun waktu lama, tegangan listrik di aki lama-kelamaan akan berkurang sehingga tak bisa mengalirkan listrik dengan baik dan maksimal.
Kondisi ini membuat mobil jadi susah distarter karena daya listrik yang tersedia sangat rendah atau bahkan tidak ada sama sekali.
Upaya yang Bisa Dilakukan Saat Mobil Tidak Akan Dipakai Seminggu
Bila mobil jarang digunakan dalam waktu yang lama, alangkah baiknya jika kabel negatif pada aki mobil dilepas agar menghindari pengaliran daya aki yang bekerja terus-menerus dan menyebabkan aki soak.
Ini adalah cara paling aman untuk mencegah masalah mobil tidak dipakai seminggu aki tekor.
Beberapa orang mungkin berpikir, kenapa tidak cabut akinya saja biar aman. Jadi bukan cuma kabel saja?
Mengingat tiap mobil punya teknologinya sendiri, dikhawatirkan saat aki mobil dilepas bisa saja mempengaruhi komponen elektronik di dalamnya.
Bisa saja terjadi reset fungsi penting seperti ECU atau sensor sehingga malfungsi, auto power window bermasalah, serta gangguan di auto backdoornya.
Jika salah satu dari hal tersebut bermasalah, maka harus dilakukan setting ulang. Ada yang bisa diinisialisasi sendiri tapi ada juga yang harus menggunakan alat scanning bengkel.
Kenapa Harus Cabut Kabel Negatif, Bukan Positif?
Ketika hendak mencabut kabel pada aki mobil, pastikan untuk mencabut kabel negatif terlebih dahulu baru positif.
Hal ini bukan tanpa alasan, jika kabel positif yang lebih dulu maka masih ada aliran arus listrik. Aliran inilah yang cukup berbahaya dan dapat memicu kebakaran.
Ketika kabel negatif dicabut, arus negatif listrik yang tidak terhubung ke aki maupun kabel bodi membuat sirkulasi arus listrik hanya menjadi satu arah.
Akibatnya, perangkat elektrikal tetap dalam mode standby tapi tidak mengalami eror atau reset bahkan sampai malfungsi.
Aki Sudah Terlanjur Tekor, Gimana Dong?
Apabila mobil tidak dipakai seminggu aki tekor, maka upaya terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menjumper dengan aki mobil lain atau melakukan pengecasan aki.
Namun sebelum melakukan pengecasan, pastikan masa pakai aki mobil sobat belum terlalu lama dan kondisi tegangannya masih di atas 10 Volt.
Pelajari selengkapnya cara menyalakan mesin mobil yang akinya tekor di artikel ini yuk 3 Cara Menghidupkan Mobil Aki Tekor untuk Matic dan Manual.