Perlu sobat ketahui bahwa pengaruh aki pada motor karburator amatlah penting. Meskipun terkadang ada juga pemilik sepeda motor yang malas mengganti akinya yang sudah rusak.
Pasalnya, dalam hal ini aki berfungsi menyediakan listrik sementara kelistrikan sepeda motor sudah disuplai oleh spul.
Meskipun demikian, tetap saja ada dampak negatif yang ditimbulkan jika sepeda motor karburator sobat tidak menggunakan aki. Ketahui apa saja pengaruhnya di penjelasan berikut ini.
Pengaruh Aki Pada Motor Karburator
Umumnya, beberapa pengaruh aki pada motor karburator yang tidak menggunakannya antara lain:
1. Mesin Jadi Sulit Dihidupkan
Perlu diketahui bahwa fungsi aki motor karbu adalah menyediakan listrik pada saat menyalakan mesin motor dengan starter elektrik.
Untuk menghidupkan mesin sepeda motor, pengendara harusnya menekan tombol starter yang terdapat pada stang.
Namun perlu diperhatikan, sistem starter elektrik ini menggunakan tenaga listrik dan yang menyediakan listrik saat mesin mati hanyalah aki. Jadi hanya bisa menggunakan kick starter.
Dengan kata lain, sobat tidak menggunakan fitur starter elektrik tanpa adanya aki di motor karburator.
2. Lampe Sein Tidak Berkedip
Salah satu efek aki soak pada motor karbu yang biasa muncul adalah lampu sein tidak berkedip.
Sobat mungkin pernah mendapati ada motor yang lampu seinnya berkedip sangat cepat atau bahkan tidak berkedip sama sekali.
Sebenarnya itu bukan masalah di lampu seinnya, tetapi karena tegangan listriknya yang kurang sehingga flasher yang tugasnya mengedipkan lampu jadi kurang maksimal.
Alasan tegangan kelistrikannya kurang karena RPM pada mesin rendah, akibatnya tenaga listrik yang dihasilkan oleh spul juga rendah. Apabila motor punya aki, tentunya ini bisa diantisipasi.
Berbeda jika motor tidak memiliki aki sama sekali, maka lampu sein akan menyala terus menerus tanpa kedipan kecuali saat sobat gas mesin motor ketika berbelok.
3. Lampu Motor Jadi Redup Saat RPM Mesin Rendah
Hampir sama dengan pengaruh aki pada motor karburator sebelumnya, jika mesin dalam kondisi idle atau langsam maka RPM mesin hanya sekitar 1000 RPM.
Pada kondisi ini, listrik yang dihasilkan spul sangatlah terbatas sehingga tak kuat melayani beban kelistrikan motor dari sistem pengapian hingga penerangan (lampu).
Akibatnya, nyala lampu jadi redup dan hanya bisa terang jika berjalan dalam kecepatan sedang atau tinggi.
Melihat dampak negatif jika tidak memakai aki, tentu saja lebih disarankan menggunakan aki pada sepeda motor kesayangan sobat. Selain lebih nyaman, sobat juga bisa merasa lebih aman saat berkendara.
Perbedaan Penggunaan Aki Pada Motor Injeksi dan Karburator
Berbicara tentang perbedaanya, bisa dibilang aki motor injeksi kapasitas Amperenya cenderung lebih besar dibanding aki motor karburator.
Hal ini karena pada motor injeksi terdapat beberapa komponen elektronik seperti seperti CM, injektor, fuel pump, dan sistem Idling Stop System yang butuh arus listrik tambahan yang stabil. Jadi bisa dikatakan pengaruh aki pada motor injeksi sangatlah penting.
Kebanyakan aki motor injeksi biasanya pakai 5 Ah. Dimana 3,5 Ah itu untuk bawaan mesin serta kelengkapan kendaraan dan 1,5 Ah untuk komponen elektronik tambahan tadi.
Berbeda dengan aki motor karburator yang hanya hanya butuh kapasitas 3,5 Ah saja.
Maka dari itu, sangat penting untuk mempertimbangkan nilai Ah (Ampere Hours) pada saat mengganti aki motor dengan yang baru. Karena pengaruh ampere aki motor lebih besar bisa lebih menjaga stabilisasi.
Ketahui lebih jauh tips memilih aki motor yang bagus untuk sepeda motor kesayangan sobat di artikel ini yuk https://zeusbattery.id/aki-yang-bagus-untuk-motor/.