Search
Close this search box.

Kiprok Motor: Pengertian, Fungsi, Perawatan,dan Kerusakannya

kiprok motor
Kiprok Motor

Kiprok motor pada dasarnya adalah komponen kelistrikan yang punya peranan penting dalam mengatur arus listrik dan aki pada motor.

Apabila kiprok motor rusak, pastinya kelistrikan motor sobat tidak akan berjalan baik. Sebab kiprok berperan dalam mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah.

Sebuah kiprok umumnya memiliki beberapa komponen seperti dioda, resistor, transistor dan sejenisnya. Dimana dengan mengetahui rangkaian komponen tersebut, tentunya sobat sudah bisa membayangkan apa itu kiprok, dan fungsi kiprok motor di kendaraan.

Berikut ini adalah penjelasan yang lebih lengkap seputar kiprok motor berkaitan dengan pengertian, fungsi, dan cara mengatasi kerusakannya.

 

Pengertian Kiprok Motor

Apa itu kiprok motor? Kiprok atau Rectifier Regulator merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengisian listrik sepeda motor.

Kiprok berperan sebagai jembatan antara alternator yang menghasilkan energi dan baterai motor yang menyimpan dan mendistribusikan energi tersebut.

Perlu diketahui bahwa di dalam kiprok masih ada beberapa komponen lain yang punya fungsi berbeda-beda.

 

Fungsi Kiprok Motor

Sesuai namanya, kiprok memiliki dua fungsi yaitu:

a. Rectifier (Pengubah Arus)

Fungsi kiprok yang pertama adalah penyearah arus listrik sehingga arus listrik bolak balik (Alternating Current/AC) dari spull diubah menjadi (Direct Current/DC) lalu disimpan di aki seperti yang dibutuhkan motor.

Itulah sebabnya jika kiprok bermasalah, motor tetap tidak bisa dihidupkan meski aki dan businya diganti baru. Sehingga secara ringkanya, kiprok berfungsi menyuplai arus listrik untuk disimpan di aki.

b. Regulator (Pengatur Kelistrikan)

Fungsi lainnya dari kiprok adalah sebagai pembatas tegangan pengisian dari komponen spull agar arus listrik yang keluar tetap stabil. Umumnya ia bertegangan 12 Volt.

Dalam hal ini, kiprok menahan dan menstabilkan arus listrik dan tegangan dari spul sebelum diteruskan ke aki. Sehingga apabila kiprok rusak, tentu kelistrikan pada motor tak akan berjalan dengan baik.

Arus yang masuk ke aki haruslah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh motor. Tidak diperbolehkan terlalu besar maupun terlalu kecil.

Arus yang besar maka akan Menimbulkan overcharge, sedangkan arus yang kecil akan membuat aki tekor alias soak.

 

Gambar Kiprok Motor

gambar kiprok motor
Gambar Kiprok Motor

 

Komponen Kiprok Motor

Apabila dibongkar dan dikeluarkan isinya, sobat akan menemukan beberapa komponen berikut ini.

  1. Mosfet, yakni sepotong logam yang permukaannya dioksidasi. Lapisan oksidasi ini fungsinya menghambat hubungan listrik antara terminal gerbang dan salurannya.
  2. Dioda, yaitu komponen elektronika aktif yang terbuat dari bahan semikonduktor dan berfungsi menghantarkan alur listrik ke satu arah tetapi menghambar arus listrik dari arah sebaliknya.
  3. Dioda Zener, ialah komponen elektronika yang terbuat dari semikonduktor yang dirancang khusus agar dapat beroperasi di rangkaian Reverse Bias. Fungsi utamanya untuk menstabilkan arus dan tegangan listrik.
  4. Resistor, ialah komponen elektronik yang terbuat dari bahan isolator yang di dalamnya terdapat nilai sesuai hambatan yang dibutuhkan. Fungsi utamanya yaitu menahan arus listrik jika dialiri tegangan listrik diantara kedua kutubnya.
  5. Transistor, merupakan alat semikonduktor yang fungsinya sebagai penguat, sirkuit pemutus dan penyambung arus, stabilisasi tegangan, dan modulasi sinyal.
  6. Kapasitor/Kondensator, ialah komponen yang fungsinya menyimpan muatan atau arus listrik di dalam sebuah medan listrik untuk waktu yang terbatas sehingga secara fungsi mirip baterai.

 

Gejala Kiprok Rusak

Cara mendeteksi kerusakan pada kiprok umumnya sangat mudah. Sebab ia akan memunculkan beberapa gejala pengisian listrik yang tidak sempurna. Beberapa gejala kiprok motor rusak yaitu:

a. Lampu beberapa kali mati

Tanda kiprok rusak yang pertama adalah lampu sering mati meski sudah diganti dengan yang baru.

Ciri ini terlihat jelas ketika lampu motor tiba-tiba mati saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, kiprok tak mampu membatasi tegangan yang masuk ke bagian lampu.

Apabila terjadi tegangan berlebih, lampu motor seketika akan putus. Jika ini terjadi, maka cobalah memeriksa tegangan lampu. Coba bandingkan dengan lampu tegangan normal yang berkisar 12-14 Volt.

b. Komponen aki tekor

Keadaan aki yang cepat tekor menjadi salah satu ciri rusaknya komponen ini. Gejalanya bisa dikenali saat sebelum motor dijalankan.

Ketika kiprok rusak, maka input listrik tak bisa menutup kelistrikan motor secara sempurna. Berbeda ketika kondisinya baik dengan tegangan baterai stabil di angka 12 Volt.

Efek negatif yang timbul dari rusaknya kiprok adalah terkurasnya baterai hingga menjadi drop. Ini ditandai dengan starter motor yang mati dan klakson bersuara seperti sember.

Maka dari itu, apabila aki sobat lebih cepat tekor daripada biasanya, sebaiknya lakukan pemeriksaan terhadap kiprok motor.

c. Tampilan Lampu Redup

Gejala lain yang bisa saja timbul dari efek kiprok lemah adalah lampu terlihat lebih redup.

Apabila sobat menyalakan komponen lain yang berhubungan dengan kelistrikan, maka komponen tersebut akan cenderung lebih lemah.

Namun saat sobat mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, biasanya lampu akan kembali menyala terang.

Sebaiknya usahakan berkendara dalam kecepatan sedang agar tidak memicu kiprok cepat aus. Cara ini dinilai ampuh untuk mengantisipasi agar lampu motor tetap menyala terang.

d. Motor tiba-tiba mati

Saat kiprok mati, tentunya seluruh komponen kelistrikannya juga tak berfungsi. Ini karena komponen tersebut tidak mendapatkan pasokan listrik.

Akibatnya, tegangan aki jadi drop dan sepeda motor pun agak mogok, mati total, dan bahkan mesinnya tak dapat dihidupkan sama sekali.

e. Aki akan mengalami overcharging

Ketika kondisi kiprok tak mampu mengatur besarnya arus listrik dari alternator, maka bisa membuat aki menggembung atau bahkan memicu timbulnya percikan api.

 

Warna Kabel Kiprok Motor Honda

Entah itu motor matic seperti vario, beat, spacy, dan motor standar seperti supra fit, tiger, megapro, dan lainnya memiliki struktur fungsi dan warna kabel kiprok sebagai berikut.

WarnaFungsi
KuningLampu
PutihPengisian
MerahBattery 12 Volt (+)
HijauMassa (-)

 

Warna Kabel Kiprok Motor Yamaha

Untuk motor yamaha seperti mio, jupiter, vega, vixion, rx king dan lainnya memiliki struktur fungsi dan warna kabel yang sama. Warna kabel motor yamaha dan fungsinya yaitu sebagai berikut.

WarnaFungsi
KuningLampu
PutihPengisian
MerahBattery 12 Volt (+)
HitamMassa (-)

 

Warna Kabel Kiprok Motor Suzuki

Terkhusus motor Suzuki seperti satria F 150, spin, smash, dan yang lainnya memiliki struktur fungsi dan warna kabel sebagai berikut.

WarnaFungsi
Putih/merah W/RPengisian
Kuning/putih Y/WLampu
Merah RBattery 12 Volt (+)
Hitam/putih B/WMassa (-)

 

Warna Kabel Kiprok Motor Kawasaki

Khusus motor kawasaki seperti ninja dan lainnya, memiliki struktur fungsi dan warna kabel sebagai berikut.

WarnaFungsi
Hitam/KuningGround (massa)
Biru/PutihPengisian
KuningLampu
Putih/HitamBattery 12V

 

Dampak Kerusakan Kiprok

Efek dari rusaknya kiprok sebenarnya terjadi bertahap, sesuai dengan tingkat kerusakannya.

Awalnya mungkin akan terjadi redup pada bagian lampu, selanjutnya komponen kelistrikan lain kinerjanya makin melemah, dan skenario terburuknya adalah motor bisa mati tiba-tiba hingga bahkan mati total.

Mengetahui hal tersebut, tentunya mengetahui tingkat kerusakannya sejak dini menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Apabila sudah diketahui bahwa kiprok motor sobat bermasalah, maka sebaiknya segera ganti sebelum ia memicu permasalahan yang lebih parah.

 

Cara Memperbaiki Kiprok Motor

Sebenarnya kiprok motor sangatlah sulit untuk diperbaiki. Apalagi jika sobat bukanlah orang yang paham elektronik.

Untuk itu, daripada pusing melakukan upaya perbaikan kiprok yang kemungkinan bisa memicu permasalahan lain nantinya. Maka lebih baik mengganti kiprok baru.

 

Tips Perawatan Kiprok Motor

Mencegah tentu lebih baik daripada memperbaiki kerusakan kiprok. Maka dari itu, sobat bisa menerapkan beberapa tips cara merawat kiprok berikut untuk mengantisipasi kerusakan yang muncul.

a. Periksa secara rutin sistem kelistrikan motor

Cara mencegah kerusakan pada kiprok motor yang pertama adalah memeriksa kondisi kelistrikan motor secara rutin.

Sistem kelistrikan disini mencakup semua komponen secara menyeluruh, termasuk juga kiprok dan spul motor.

Dampak dari rutin memeriksa kondisi kelistrikan ini adalah sobat jadi bisa tahu bila ada masalah di sistem kelistrikan motor dan bisa memperbaikinya sejak dini.

b. Lakukan diagnosis terlebih dahulu terhadap komponen

Selain memastikan kondisi komponen ini berfungsi, maka selanjutnya adalah mendiagnosis sendiri apa masalahnya.

Salah satu tips yang bisa diterapkan dari cara agar kiprok awet.

tindakan yang bisa dilakukan adalah mengecek tegangan komponen. Umumnya tegangan yang normal sekitar 13,5 Volt. Periksa juga diperlukan pada kabel ground yang menempel di body motor.

Dikarenakan peranan kiprok sangatlah penting bagi kelistrikan motor. Maka perlu dilakukan perawatan yang maksimal agar performa motor sobat tetap stabil. Yuk baca informasi seputar cara merawat aki motor dan sistem kelistrikannya di artikel 12 Cara Merawat Aki Motor Supaya Awet dan Perfoma Maksimal.

 

FAQ

Fungsi kiprok pada motor matic?

Baik untuk motor matic ataupun jenis motor lainnya. Fungsi kiprok yang utama adalah sebagai konverter arus AC ke DC dan sebagai regulator tegangan listrik.

Salah satu gejala yang timbul saat regulator rusak adalah?

Akibat kiprok motor rusak kemungkinan akan memunculkan masalah lampu redup bahkan sering mati, aki cepat tekor, motor sering mati tiba-tiba, dan aki mengalami overcharging.

Fungsi kiprok pada motor injeksi?

Fungsi utama kiprok pada motor injeksi adalah sebagai konverter dan regulator.

Kegunaan dari komponen rectifier pada rangkaian kelistrikan sepeda motor adalah?

Mengubah arus AC yang dihasilkan spul menjadi arus DC.

Cara memperbaiki kiprok vixion?

Karena kondisi kiprok sangat mempengaruhi kondisi aki. Maka jika dirasa kiprok sobat bermasalah, lebih disarankan untuk menggantinya dengan kiprok baru.

Ciri ciri kiprok normal?

Sebenarnya tanda kiprok normal bisa diketahui dari performa motor dan kondisi kelistrikannya. Selama peralatan kelistrikan di motor berfungsi dengan baik, maka tidak ada masalah dengan kiprok.

Warna kabel body rx king dan fungsinya?

Kabel warna kuning untuk lampu, putih untuk pengisian, merah untuk positif, dan hitam untuk negatif.

Warna kabel spul tiger dan fungsinya?

Untuk kabel spul motor tiger, kabel warna kuning untuk lampu, putih untuk pengisian, kabel merah ke kutub positif, dan kabel hijau untuk kutub negatifnya.

Rangkaian kiprok mio?

Untuk motor mio, kabel warna kuningnya untuk lampu, kabel putih untuk pengisian, kabel merah untuk kutub positif, dan kabel hitam untuk kutub negatif.