Search
Close this search box.

10 Ciri-Ciri Aki Motor Habis dan Tandanya Sudah Harus Diganti

ciri-ciri aki motor habis

Sebagian dari sobat mungkin masih ada yang belum tahu apa ciri-ciri aki motor habis dan tandanya aki sudah harus diganti.

Aki motor merupakan suatu komponen yang amat penting untuk diperhatikan karena berperan menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk untuk menghidupkan mesin motor dan menyimpan energi.

Layaknya baterai pada alat elektronik, aki motor juga harus diganti secara berkala karena memiliki usia pakai yang terbatas. Sebab seiring berjalannya waktu, aki akan terus mengalami penurunan performa.

Aki motor normal habis berapa lama? Biasanya untuk motor normal habis dan perlu diganti setiap 2 tahun. Namun bisa juga lebih cepat jika perawatan dan kondisi kelistrikan motor sobat kurang baik.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri aki motor habis dan tandanya sudah harus diganti. Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Ciri Ciri Aki Motor Habis

Sebenarnya terdapat beberapa tanda yang bisa sobat jadikan acuan kapan aki motor harus diganti, yaitu sebagai berikut.

1. Mesin sulit dihidupkan

Ciri-ciri aki motor habis yang paling menonjol adalah mesin motor yang sulit dihidupkan. Apalagi bagi motor yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Ini menandakan bahwa daya pada aki sudah menurun dan tidak cukup untuk menghidupkan mesin motor sobat. Bahkan untuk beberapa kasus, mesin motor sama sekali tidak bisa dihidupkan, alias mati total. Apalagi jika motor sobat menggunakan sistem injeksi.

Apabila sudah seperti ini, mau tidak mau sobat harus segera mengganti aki agar motor sobat bisa digunakan kembali secara normal.

 

2. Starter elektrik bermasalah

Tanda lain yang mengindikasikan bahwa sudah waktunya ganti aki adalah timbulnya masalah di starter elektrik motor sobat.

Masalah yang sering timbul adalah saat starter elektrik ditekan hanya terdengar bunyi klik saja. Kadang ketika aki sudah benar-benar lemah, starter bahkan tak menunjukkan reaksi apapun.

Ini menunjukkan bahwa aki motor sudah tak mampu lagi menyediakan daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan starter elektrik motor.

 

3. Cahaya lampu motor meredup

Cara mengetahui aki motor habis bisa dari cahaya lampu motor yang meredup. Baik itu lampu depan, lampu rem, sein, dan lampu lainnya.

Jika cahaya lampu motor sobat sudah kelihatan lebih redup dari yang biasanya. Ini menandakan bahwa aki motor sobat sudah waktunya untuk diganti.

 

4. Suara klakson mengecil atau tidak nyaring

Ciri lain yang gampang diketahui kalau aki motor sudah melemah adalah suara klakson yang menjadi lebih kecil atau tidak nyaring seperti biasanya.

Ini mengindikasikan bahwa aki sudah tidak punya cukup daya untuk menghasilkan suara klakson yang nyaring. Jika sudah seperti ini, maka waktunya untuk ganti aki.

 

5. Tampilan speedometer semakin redup

Kebanyakan motor keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi speedometer digital, bukan yang indikator jarum seperti motor keluaran lama.

Jadi saat lampu indikator digital ini meredup atau bahkan error, ini menandakan ciri-ciri aki motor harus diganti.

 

6. Lampu indikator accu atau aki motor berkedip

Khusus untuk varian motor honda terbaru, biasanya telah dilengkapi indikator khusus untuk memantau kondisi accu atau aki motor di dashboardnya.

Tanda ketika aki sudah mengalami penurunan performa akan ditampilkan di panel indikator tersebut. Namun dalam hal ini, sobat harus paham dulu cara membaca indikatornya.

Apabila kontak motor dalam kondisi “ON” dan indikator accu berkedip-kedip, ini menandakan bahwa accu motor sobat sudah dalam kondisi tanda-tanda aki motor lemah dan harus diganti.

 

7. Tegangan aki motor di bawah 12 Volt

Beberapa motor tertentu biasanya sudah dilengkapi speedometer digital yang bisa menampilkan tegangan aki.

Apabila tegangannya terus-terusan menunjukkan angka di bawah 12 volt saat motor berjalan, ini bisa jadi ciri ciri aki habis.

 

8. Tarikan motor menjadi lebih berat atau lemah

Terkhusus motor yang menggunakan sistem injeksi, ciri ciri aki motor lemah bisa diketahui dari tarikannya yang terasa berat atau lemah dan tidak responsif.

Apabila sudah begini, berarti menandakan bahwa aki sudah tidak mampu menyediakan daya listrik yang cukup dan stabil. Sehingga dengan kata lain, ini salah satu ciri-ciri aki motor habis dan sudah waktunya sobat untuk ganti aki.

 

9. Mesin motor tidak langsam dalam posisi idle

Ciri lain yang menandakan bahwa aki motor sudah harus diganti adalah mesin sepeda motor sobat tidak langsam dalam posisi idle. Bahkan sewaktu dikendarai, mesinnya juga mengalami “brebet”.

Meskipun sepeda motor menyala saat di-engkol (motor non injeksi), nyala mesin motor juga tidak langsam dan nafasnya putus-putus.

 

10. Usia Penggunaan aki sudah mencapai 2 tahun atau lebih

Walaupun tanda yang terakhir ini tidak bisa diperiksa secara teknis, namun usia pakai aki penting juga untuk diperhatikan.

Secara umum, aki motor memiliki usia pakai sekitar 2 tahun atau lebih. Tergantung dari kualitas aki, perawatan, dan kondisi kelistrikan motor.

Kalau ada yang tanya berapa lama aki motor diganti, jawabannya adalah aki motor diganti tiap 2 tahun sekali.

Jadi ketika masa pakai aki motor telah mencapai durasi maksimalnya dan terjadi penurunan performa, maka sobat sudah harus melakukan pengecekan kondisi dan segera mengganti dengan aki baru.

Sebab akan sangat beresiko jika hal ini dibiarkan dan tidak menutup kemungkinan motor akan mengalami mogok di tengah jalan dan kesulitan untuk dinyalakan.

 

Catatan:
Sebelum aki motor sobat benar-benar soak dan menimbulkan masalah kelistrikan yang tidak diinginkan, maka dianjurkan untuk segera mengganti aki jika sudah muncul ciri-ciri aki motor habis seperti yang dijelaskan di atas.

Bagi sobat yang ingin tahu tips bagaimana cara memilih aki yang bagus untuk motor, bisa cek di artikel ini > Tips Memilih Aki yang Bagus untuk Motor

 

FAQ:

Kapan aki motor harus diganti?

Kalau ada yang bertanya kapan ganti aki motor, yaitu saat sudah mulai muncul tanda-tanda seperti starter elektrik susah digunakan, suara klakson melemah, dan nyala lampu meredup.