Search
Close this search box.

12 Cara Mengatasi Aki Tidak Mengisi, Tekor, dan Cepat Habis di Motor

cara mengatasi aki tidak mengisi

Jika sobat ingin tahu bagaimana cara mengatasi aki tidak mengisi, sebenarnya berbeda-beda tergantung apa penyebabnya.

Tentu saja ini mirip dengan masalah bagaimana cara mengatasi aki yang tekor pada motor atau kasus aki cepat habis. Bergantung dari apa yang memicu masalah tersebut.

Jadi apabila mendapati ketiga masalah tersebut, jangan langsung buru-buru ganti aki. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicek ulang untuk memastikan apakah yang bermasalah memang aki atau justru yang lainnya.

Berikut ini adalah rangkuman beberapa cara mengatasi aki tidak mengisi, cepat habis, dan tekor pada motor berdasarkan penyebabnya.

 

Cara Mengatasi Aki Tidak Mengisi di Motor

Apabila digali secara detail, umumnya cara mengatasi aki tidak mengisi di motor bisa diselesaikan dengan cara di bawah ini.

1 . Ganti Kiprok (Regulator)

Apabila masalah aki tidak mengisi di motor sobat karena kiprok. Maka solusi terbaiknya adalah mengganti kiprok dengan yang baru.

Kiprok yang normal biasanya akan terasa hangat, bukannya panas atau dingin ketika mesin motor dinyalakan.

Jadi apabila kiprok motor sobat terasa panas atau dingin ketika menyalakan mesin, maka bisa dipastikan sobat memang perlu segera ganti kiprok.

 

2. Ganti Socket Kiprok

Terkadang socket kiprok juga sering mengalami masalah sehingga membuat aki motor tidak mengisi.

Masalah yang umumnya timbul adalah socket kiprok yang gosong atau bahkan sampai meleleh karena terjadi korsleting.

Entah itu karena terkena air, socket yang kendur, atau karena beban listrik yang terlalu besar karena modifikasi yang berlebihan.

Ketika mendapati socket kiprok motor sobat gosong, maka cara mengatasi aki tidak mengisi pada kasus ini adalah dengan menggantinya dengan socket baru.

 

3. Ganti Spul

Cara mengatasi aki tidak mengisi selanjutnya adalah dengan melakukan penggantian pada spul motor sobat. Untuk mengetahui apakah spul motor sobat bermasalah atau tidak, bisa diketahui dengan indikasi:

  • Aki gampang tekor walaupun sudah dicas atau diganti
  • Motor susah dihidupkan ketika mesin dingin
  • Tegangan dari arus listrik pada spul sebelum ke kiprok tidak normal

Apabila motor sobat mengalami beberapa ciri-ciri tersebut, maka itu sudah menandakan untuk segera ganti spul baru.

 

4. Ganti dan rapikan kabel yang bermasalah

Upaya yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi aki tekor matic maupun jenis lainnya adalah dengan memeriksa kabelnya.

Khusus motor yang sudah masuk bengkel dan telah melakukan penggantian aki, terkadang teknisi atau orang bengkel melakukan pemasangan kabel dengan susunan dan penempatan yang berantakan.

Jadi coba lakukan pemeriksaan dan perbaikan terhadap susunan kabel yang terlihat tak beraturan. Cek juga apakah kabel positif dan negatif sudah terpasang dengan baik atau tidak.

Jika mendapati ada kabel yang rusak atau putus, maka segeralah ganti dengan kabel baru untuk menghindari timbulnya lebih banyak masalah lagi.

 

5. Kencangkan sekrup atau konektor yang kendur

Jangan lupa memeriksa kondisi sekrup atau konektor yang terhubung dengan aki. Biasanya ada sekrup yang kendur sehingga pengisian aki motor jadi tidak maksimal.

Carilah sekrup konektor yang kendur tersebut lalu kencangkan. Kalaupun ada konektor yang rusak atau tidak berfungsi lagi, segeralah lakukan penggantian dengan yang baru.

 

6. Lakukan pembersihan kerak di terminal aki

Kerak yang terlalu banyak pada lempengan terminal aki bisa menutup dan memicu timbulnya jamur pada area lempengan positif maupun negatif.

Lakukanlah pembersihan kerak di terminal aki minimal sebulan sekali untuk mengantisipasi munculnya masalah yang tidak diinginkan.

Sebab bisa jadi masalah aki tidak mengisi dan tekor dipicu dari terlalu banyaknya kerak pada aki motor sobat.

 

7. Kurangi Pemasangan Aksesoris

Cara mengatasi aki motor cepat habis selanjutnya adalah mengurangi pemasangan aksesoris. Pasalnya, pemasangan aksesoris terlalu banyak bisa membuat aki motor sobat jadi gampang terkuras sehingga bisa tekor.

Jadi ketika mengalami masalah aki tidak mengisi, bisa mencoba melepas beberapa aksesoris yang kurang dibutuhkan di kendaraan sobat. Khususnya aksesoris yang bukan bawaan pabrik.

 

8. Ganti dengan aki yang punya CCA lebih besar

Khusus untuk motor bore-up yang mengalami masalah aki tekor, tidak mengisi, dan cepat habis. Bisa mempertimbangkan mengganti akinya dengan CCA yang lebih besar.

Pasalnya, motor bore-up biasanya butuh kapasitas dan kekuatan yang lebih besar untuk menyalakan mesin, tentu kebutuhan akinya juga harus mengikuti agar seimbang. Salah satu rekomendasi aki berkualitas yang punya CCA tinggi yaitu Zeus Lithium GTZ5S.

Memang lebih disarankan menggunakan aki CCA tinggi daripada nantinya pusing mencari cara mengatasi aki tekor.

 

9. Rutin memanaskan mesin motor minimal 15 menit sehari

Motor yang telalu lama tidak digunakan bisa menimbulkan aki mati karena masalah Self Discharge atau penurunan tegangan karena tak ada sama sekali aliran listrik yang masuk.

Jadi jangan berpikir bahwa tegangan akan berkurang hanya saat mesin motor menyala saja. Bahkan saat mesin motor matipun tegangannya tetap berkurang.
Hanya saja, saat mesin motor mati tidak ada pengisian atau arus yang masuk ke aki. Akibatnya aki jadi drop.

Sehingga sangat disarankan melakukan pemanasan mesin dengan menyalakan mesin motor minimal 15 menit sehari meski tidak digunakan berkendara.

 

10. Cas ulang jika yang dipakai aki kering

Apabila semua cara mengatasi aki tidak mengisi di atas sudah diterapkan dan hasilnya masih sama, coba lakukan pengecasan pada aki jika tipe aki yang sobat gunakan jenis aki kering (Maintenance Free).

Coba cas selama minimal 15 menit lalu pasangkan kembali ke sepeda motor sobat. Pada beberapa kondisi, biasanya masalah aki motor tidak mengisi sudah tidak muncul lagi.

 

11. Tambahkan air aki jika yang dipakai aki basah

Coba lakukan pengecekan terhadap kondisi airnya jika sobat menggunakan tipe aki basah (Low Maintenance). Sebab performa aki basah tidak akan maksimal jika kondisi air akinya dalam keadaan kurang atau bahkan mengering.

Jika mendapati kondisi air aki sedikit, maka segeralah mengisi air aki biru ke aki basah sobat lalu pasangkan kembali ke motor.

 

12. Lakukan penggantian aki

Cara mengatasi aki tidak mengisi yang terakhir adalah melakukan penggantian aki lama dengan yang baru. Apalagi jika aki lama sobat mengalami kerusakan fisik seperti ada lecet atau bekas retakan.

Pastikan aki baru yang sobat beli punya kualitas terbaik dan cocok dengan kelistrikan serta kebutuhan motor sobat. Bingung bagaimana cara memilih aki yang bagus untuk motor sobat? Silahkan baca panduan memilih aki di artikel yuk Tips Memilih Aki yang Bagus untuk Motor Matic, Bebek, Moge, dan Racing.

 

FAQ

Kiprok baru tapi aki tidak mengisi?

Sudah ganti kiprok aki tetap tekor bisa jadi bermasalah di bagian spul-nya. Sobat bisa berkoordinasi dengan bengkel terdekat apakah memang spul-nya yang bermasalah. Apabila memang spul, maka disarankan untuk mengganti spul yang baru.

Cara mengatasi aki motor panas?

Pada dasarnya, aki memang tak menutup kemungkinan akan mengalami panas. Apalagi saat fase pengisian. Namun asal panasnya masih normal tentu tidak masalah. Tapi jika panasnya tidak biasa, segera kunjungi bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara mengatasi kiprok panas?

Lakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap komponen kelistrikan seperti di kabel, aksesoris yang terpasang, serta sistem pendinginnya. 

Cara memperbaiki spul motor yang rusak?

Sebenarnya lebih disarankan untuk ganti spul baru saja guna menghindari munculnya masalah baru akibat memodifikasi spul motor.